Sukses

Nyeri Pinggang dan Perut Kram

12 May 2020, 22:44 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya perempuan saya sudah 3 hari sakit pinggang kaya paska melahirkan dahulu dan perut terasa keram kalau hait normal aja sich

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sudah berapa lama keluhan ini dirasakan? Pada pinggang sebelah mana yang mengalami nyeri? Perut sebelah mana yang kram? Apakah Anda sudah telat haid? Apakah Anda sering melakukan pekerjaan berat?

Nyeri pinggang adalah hal yang umum dirasakan setiap orang. Hal tersebut bisa disebabkan berbagai hal, yaitu ada gangguan pada otot, saraf, pembuluh darah, tulang dan organ disekitar pinggang yang sakit. Begitu juga dengan perut yang kram. 

Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih yang berasal dari organ lain, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Nyeri pinggang juga bisa disebabkan karena kelainan pada tulang atau jaringan sekitar tulang tersebut.

Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri. Lalu perhatikan posisi duduk dan berdiri yang benar dan hindari dulu melakukan pekerjaan berat agar keluhan Anda tidak bertambah buruk. Jika dengan obat anti nyeri tidak membaik, silahkan berkonsultasi langsung dengan dokter saraf untuk dilakukan evaluasi dan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar