Sukses

Sulit Tidur Karena Mimpi Buruk

12 May 2020, 22:29 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya beberapa bulan ini susah tidur. Sering terbangun dan cemas seperti perasaan takut. Sekitar 8 bulan belakangan saya sering nangis dan ketakutan setiap tidur. Tapi 4 bulan ini tidak separah dulu.... Dan 3 Minggu ini mulai lagi takut dan cemas. Apakah ini ada kaitannya dengan pengalaman buruk yg pernah saya alami? Tekanan mental disaat kelas 4 - 6 SD. Mendapatkan pelecehan disaat kelas 3 SMP... Dan tekanan batin dari anggota keluarga... Tapi saya merasa semua baik baik saja. Tapi apakah hal tersebut berpengaruh? Terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar sulit tidur karena mimpi buruk dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Karena kondisi ini sudah berlangsung lama dan sering berulang, pernahkah Anda meminta bantuan ahli seperti dokter psikiater atau psikolog untuk membantu mengatasinya?

Mimpi merupakan cerita atau gambaran yang diciptakan oleh pikiran kita saat tidur. Mimpi dapat terjadi kapan pun saat tidur. Sebagian mimpi terjadi pada saat tidur dalam dan REM (rapid eye movement), dimana otak dalam kondisi paling aktif saat itu. Beberapa ahli mengatakan bahwa pada umumnya kita bermimpi selama 4 – 6 jam setiap harinya.

Ada banyak teori mengenai penyebab mimpi, namun tidak ada satu pun yang pasti. Beberapa peneliti mengatakan bahwa mimpi tidak memiliki tujuan atau arti. Namun beberapa ahli lain mengatakan bahwa mimpi penting untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Mimpi juga dikatakan dapat membantu kita memproses emosi, menyelesaikan masalah, dan menyatukan memori. Jika kita tidur dalam kondisi stres atau ada masalah, Anda akan bangun besoknya dengan perasaan yang lebih baik atau bahkan mungkin dengan sebuah solusi untuk masalah Anda. Meskipun begitu belum ada yang dapat memastikan alasan kenapa bisa muncul mimpi.

Ada banyak pendapat mengenai arti mimpi, ada yang mengatakan mimpi tidak ada hubungannya dengan kehidupan nyata. Namun ada pula ahli yang mengatakan bahwa mimpi merupakan nrefleksi dari pikiran dan perasaan kita yang paling dalam.

Mimpi berupa dikejar-kejar, jatuh ke jurang, atau mimpi buruk lainnya bisa disebabkan oleh perasaan stres atau cemas yang sedang kita alami saat itu. Mimpi buruk biasanya terjadi akibat perasaan takut, stres, trauma, masalah emosional, penyakit, atau konsumsi obat tertentu.

Adanya riwayat trauma akan masa lalu yang pernah dialami bisa mendasari terjadinya kondisi ini, oleh sebab itu kami sarankan untuk berkonsultasi kepada dokter psikiater untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan mendasar untuk setiap orang. Kualitas tidur yang baik akan membantu seseorang memulihkan kondisi tubuhnya menjadi kembali segar dan fit. Kurang istirahat ataupun dengan kualitas tidur yang kurang baik juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Tidur yang tidak nyenyak dapat disebabkan oleh berbagai penyebab diantaranya :

  • Pencahayaan yang terlalu terang
  • Kondisi psikis tertentu seperti gangguan cemas, depresi atau lainnya
  • Sedang mengalami suatu penyakit tertentu seperti gangguan pernapasan, nyeri kepala atau penyakit lain yang membuat tidur tidak nyaman
  • Mengalami mimpi buruk
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Gangguan tidur yang disebut Obstruktif Sleep Apneu

 Untuk membantu agar tidur lebih nyenyak, Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Buat jadwal tidur yang teratur.

Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

2. Buat lingkungan tidur yang baik.

Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas. Temperatur, pencahayaan dan suara sebaiknya dikontrol sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.

3. Pastikan tempat tidur nyaman.

Sulit untuk tidur pada tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau yang terlalu kecil.

4. Berolahraga teratur.

Lakukan olahraga secara teratur seperti renang atau berjalan. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dekat dengan jam tidur.

5. Kurangi kafein.

Kurangi stimulan seperti kafein pada teh dan kopi, terutama pada malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat menganggu proses tidur serta mencegah tidur dalam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

6. Jangan makan atau minum alkohol berlebihan pada malam hari.

Alkohol dapat mengganggu tidur pada dini hari.

7. Jangan merokok.

Perokok lebih sulit tidur, terbangun lebih sering, dan tidurnya lebih sering mengalami gangguan.

8. Coba rileks sebelum tidur.

Mandi dengan air hangat, dengarkan musik yang pelan, lakukan yoga.

9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya.

Luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada pagi harinya untuk mencegah Anda melakukannya di tempat tidur sehingga tidak dapat tidur.

10. Bila tidak dapat tidur, jangan bertahan di tempat tidur.

Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai hingga mengantuk kembali.

11. Tidur dalam keadaan gelap. Dalam keadaan gelap tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur seorang manusia. Selain itu dengan meningkatkan kadar hormon melatonin, maka seorang dapat tidur dalam keadaan yang lebih nyenyak. Cahaya yang masuk ke dalam kamar Anda memengaruhi seberapa banyak melatonin diproduksi tubuh. Melatonin biasanya dikeluarkan di saat gelap dan menginstruksikan tubuh untuk segera tidur.

Jika kelihan sulit tidur dan mimpi buruk terus mengganggu, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. Kondisi ini jika berlanjut dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. 

Demikian informasi seputar sulit tidur karena mimpi buruk yang dapat disampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar