Sukses

Sering Sakit Kepala

12 May 2020, 20:49 WIB
Pria, 34 tahun.

Saya sudah seminggu suka kadang-kadang sakit di kepala bagian belakang. terutama dibagian kiri belakang kepala. Namun pernah sekali 2 kali sakit sampai ke ubun2 sehabis dikerok dan pakai koyo. Saya suka minum panadol extra dan itu lumayan membantu menghilangkan rasa sakit sementara. Namun nanti muncul lagi. Beberapa kali juga perut saya suka kembung dan sesekali suka mual. Saya minum disflatyl. Namun saya tidak merasakan ada perubahan apa2. perut tetap kembung. Istirahat saya cukup dan saya juga masih sempat berolah raga 3x seminggu. Apakah saya masuk angin? Apa tekanan darah saya tinggi? Makan saya cukup terjaga. Kenapa selama ini ya? Terima kasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sakit kepala memang bisa sangat mengganggu. Perlu Anda ketahui, sakit kepala terbagi atas 2, yaitu:

- Sakit kepala primer adalah keluhan yang disebabkan akibat adanya gangguan pada bagian dari kepala, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf

- Sakit kepala sekunder adalah keluhan yang terjadi akibat adanya penyakit lain yang mendasari

Sebagian besar keluhan sakit kepala yang dialami seseorang merupakan sakit kepala primer. Pencetus paling seringnya adalah kelelahan, kurang tidur, pola makan tidak baik, stres, cemas dan sebagainya.

Sakit kepala primer terdiri dari tiga jenis, yaitu migrain, sakit kepala tipe tegang (tension-type headache), dan sakit kepala cluster. Sakit kepala tipe tegang adalah jenis yang paling sering dialami orang dewasa. Gejalanya seperti kepala yang diikat kencang atau kepala dan leher terasa kaku. Sedangkan migrain adalah nyeri kepala sebelah yang terasa berdenyut. Pada migrain, bisa muncul keluhan penglihatan kabur, tangan atau kaki kebas, sulit bicara, atau gangguan saraf (secara medis disebut sebagai aura). Jenis terakhir adalah sakit kepala tipe cluster, yang rasanya daerah mata seperti ditusuk-tusuk, serta mata dan hidung berair.

Sakit kepala primer ini biasanya dapat diatasi sendiri di rumah, yaitu dengan istirahat dan konsumsi obat pereda nyeri sesuai anjuran. Penggunaan jangka panjang tidak disarankan karena bisa timbulkan efek samping, termasuk nyeri kepala berulang.

Sakit kepala primer memang umumnya bisa sembuh sendiri. Namun, ada pula nyeri kepala sekunder, yang menandakan adanya penyakit lain yang serius. Jika sakit kepala Anda sering berulang, sebaiknya memeriksakan secara langsung ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut dan kemungkinan adanya penyakit lain yang mendasarinya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar