Sukses

Perut Kembung, Sering Sendawa, dan Susah BAB

12 May 2020, 20:01 WIB
Pria, 18 tahun.

Halo dok, akhir akhir ini perut saya kembung susah buang air besar dan perut melilit setiap mau bab seperti ada yg mengganjal di anus saya juga susah kentut dan sering sendawa. Kira kira saya kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan ini? Apakah ada keluhan nyeri ulu hati, lidah pahit, sesak? Apakah Anda sering telat makan? Apakah Anda memiliki riwayat maag?

Perut kembung dan sering sendawa adalah hal yang umum dan pernah dirasakan semua orang. Sendawa merupakan hal normal terjadi akibat dari respon alami tubuh untuk mengeluarkan udara dari perut yang kembung melalui mulut. Kedua gejala tersebut biasanya dirasakan pada penderita penyakit maag. 

Maag atau gastritis adalah peradangan yang terjadi di lambung akibat meningkatnya asam lambung. Penyakit ini sering dipicu akibat infeksi bakteri, makan yang tidak teratur, sering mengkonsumsi makanan pedas/asam, merokok, dan minum alkohol.

Untuk mengatasinya pastikan Anda mengatur jam makan akan tidak sering telat makan, hindari makanan pedas/asem, hindari minum kopi, dan juga merokok.

Untuk mengatasi keluhan susah BAB Anda, perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Lalu pastikan juga kebutuhan cairan harian terpenuhi untuk memperlancar BAB.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar