Sukses

Pemeriksaan HIV

12 May 2020, 09:53 WIB
Pria, 33 tahun.

Saya tangga 6 Mei 2020 melakukan hubungan sex beresiko tidak memakai kondom dengan seorang wanita yg saya tidak ketahui riwayat sexualnya. Sekarang baru 1 hari sejak kejadian itu.. tapi saya sudah panik dan gelisah. Saya ingin bertanya. Kapan waktu yg tepat untuk bisa melakukan tes HIV?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat pagi.

Tidak ada rekomendasi waktu yang tepat karena window period pada setiap orang bisa berbeda. Window period adalah waktu antara seseorang terinfeksi virus HIV hingga dapat terdeteksi melalui tes HIV. Periode ini bervariasi pada tiap orang dan juga tergantung dari jenis tes HIV yang dilakukan.

Jenis tes HIV yang paling banyak dilakukan adalah rapid test yang disebut juga uji antibodi. Antibodi dihasil oleh tubuh ketika terpapar/terinfeksi dengan virus seperti HIV maupun bakteri. Tes antibodi akan mencari antibodi/zat kekebalan terhadap HIV di dalam darah atau cairan mulut/ludah. Uji antibodi dapat mendeteksi infeksi HIV paling cepat 3 minggu dari waktu infeksi. Sebagian besar (97%4 hari) individu akan memiliki antibodi yang dapat terdeteksi dalam waktu 3-12 minggu (21-84 hari) dari waktu infeksi. Jika hubungan seksual/perilaku berisiko lain dianggap sebagai waktu infeksi, maka sebaiknya dilakukan 1 bulan setelahnya agar virus HIV dapat terdeteksi dalam darah.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klik Dokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar