Sukses

Pertanyaan - #281451

11 May 2020, 20:37 WIB
Wanita, 38 tahun.

Selamat pagi Dok .... sejak awal bulan Maret, PSBB Pertama diterapkan, saya sudah menjalan work from home, dan sejak saat itu terkadang saya suka sesak di dada. Pada awalnya konsultasi di dokter online cuma batuk berdahak biasa dan disarankan untuk meminum obat batu berdahak, kebetulan mgg kedua bulan februari saya pernah mengalami flu berat, kepala saya pusing dan hanya ingin berbaring saja. Setelah saya konsumsi, tidak menghasilkan perubahan yang baik. Kemudian saya konsultasi lagi di dokter online dan katanya saya ada penyakit gerk, tp saya jg gak tahu knp penyakit itu bisa menimpa saya. Saya diberi obat gerk, pada awalnya lumayan membaik, namun lama-kelamaan nyesak masih ada. Kira-kira kenapa ya dok? saya tdk deman dan tdk batuk juga. Saya mau periksa ke dokter tp masih bingung karena masih takut mau ke rumah sakit. Terima Kasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui fitur tanya dokter di klikdokter.

Rasa terbakar di dada, mual, nyeri ulu hati dapat terjadi jika asam lambung naik ke kerongkongan (refluks). Secara medis penyakitnya disebut GERD (Gastro-esophageal reflux disease).

Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya.

Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya.

Jika anda merasakan gejala seperti yang saya sampaikan di atas, dan tidak membaik setelah diberikan obat, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Tidak perlu takut berlebihan untuk pergi memeriksakan diri ke dokter selama masa pandemi ini selama anda mengenakan APD dengan baik dan selalu menjaga kebersihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar