Sukses

Nyeri Perut Bawah Saat Hamil Trimester 2

11 May 2020, 15:46 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sya hamil 23 Minggu, masih sering ngerasain nyeri di sekitar perut bagian pusar ke bawah kadang pas perut kiri kadang kanan kadang bawah, kaya yg di cubit cubit atau kadang kaya yg di tusuk benda tumpul, durasinya g lama g nyampe 1 menit tapi sering Sya juga ngerasa perutya g terlalu menonjol biasanya klo duduk tuh keliatan gedenya tpi ini berasa keciln Hari Sabtu kemrin cek ke bidan dgn keluhan selalu sama tpi di bilang gpp BB sya turun 1/2 kg dri 40 ke 39.5 Apa gpp???

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah nyeri perut bawah saat berjalan dan saat ini usia kehamilan Anda masuk kedalam trimester kedua. 

Nyeri perut bawah sendiri merupakan salah satu keluhan yang seringkali ditemui pada ibu hamil. Sebenarnya tidak semua nyeri timbul akibat suatu kelainan yang serius, terutama apabila hanya dirasakan sesekali. Pengaruh gas dalam perut, penekanan organ oleh rahim yang membesar, peregangan dan penebalan ligamentum penahan rahim, perubahan posisi tiba-tiba, dan konstipasi juga dapat menyebabkan keluhan yang serupa. Bagaimanapun, hal ini perlu dikonfirmasi kembali melalui pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikannya. Apabila terasa sangat mengganggu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk menilai kondisi rahim, janin dalam kandungan, beserta jaringan sekitarnya.

Untuk berat badan turun 1/2 kg dapat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Apakah bb bayi normal untuk usia 23 minggu?

Saya sarankan ibu harus makan lebih banyak dan usahakan kontrol berikutnya BB naik dan BB bayi pun naik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar