Sukses

Test Pack Positif Pasti Hamil?

11 May 2020, 19:28 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok,Saya sudah dua hari tes kehamilan pakai tespack dan hasilnya 1 garis terang 1 nya lagi muncul garis samar tipis, saya kira saya positif hamil karna perut bagian bawah terasa kram, disertai keluhan saat buang air kecil(anyang2en) ,,Akhirnya saya memutuskan periksa ke dokter kandungan dan di usg transvaginal hasilnya kosong tidak ada kantung kehamilan,Lalu saya di sarankan meminum obat hormon/pelancar haid,Yang masih membuat saya ragu, saya lupa kapan terakhir saya menstruasi, entah awal bulan maret atau akhir bulan februari, Apakah penyebab usg transvaginal tidak terbaca karna usia kandungan terlalu dini? Apa karna memang dari awal tespack nya yang rusak, tp 3 kali mencoba tespack hasilnya sama semua, ada garis samar muncul, Saya takut ketika saya minum obat hormon ternyata saya hamil akhirnya malah terjadi masalah, mohon solusinya dok..Terimakasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Selamat malam.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Suatu hasil pemeriksaan bisa saja menunjukkan hasil yang false positive atau false negative karena dipengaruhi oleh sensitivitas dan spesifisitas dari alat tersebut.

Hasil pemeriksaan test pack bisa saja false positive jika:

  • Wadah untuk mengumpulkan urine tidak bersih

  • Adanya darah atau protein pada urine

  • Penggunaan obat-obatan tertentu

  • Tumor di organ kandungan

  • Baru saja mengalami keguguran

Hasil pemeriksaan test pack positif biasanya dipastikan kembali dengan pemeriksaan USG apakah benar ada kehamilan atau tidak. Jika tidak ditemukan kantong kehamilan, kemungkinan memang tidak mengalami kehamilan. Terlebih sudah menggunakan USG transvaginal yang lebih akurat dibandingkan USG abdomen pada awal kehamilan. Namun jika Anda masih ragu, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kembali untuk memperoleh pendapat dari dokter lain atau second opinion yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan konsultasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah bertanya menggungakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klik Dokter.

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar