Sukses

Seputar Vagina Gatal

11 May 2020, 16:25 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dok, seminggu yang lalu saya menstruasi dan setelah menstruasi kemaluan saya gatal berlebihan dok, setiap saya garuk langsung terasa terbakar dan kemarin saya lihat ada benjolan kecil di bibir kemaluan saya, itu bagaimana cara menyembuhkannya ya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai vagina gatal melalui klikdokter.com 

 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi vagina gatal antara lain:

Memakai antifungal bentuk krim atau suppositoriaApabila infeksi jamur yang jadi penyebab terjadinya gatal atau ketidaknyaman pada vagina, manfaatkanlah obat antijamur khusus vagina.

Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. Menurutnya, antijamur memang bisa membantu mengatasi rasa gatal pada vagina, asalkan penyebabnya benar karena jamur.

Obat antijamur khusus vagina terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Krim

Krim vagina umumnya digunakan untuk pengobatan area luar vagina saja, seperti bibir vagina dan tidak dimasukkan ke dalam vagina.

Suppositoria

Suppositoria merupakan cara pemberian obat lewat tabung pipa khusus yang dimasukkan ke anus, vagina, atau uretra. Obat jenis ini mudah meleleh dan larut dalam suhu tubuh.Sesudah menggunakan krim atau suppositoria, ada baiknya Anda menggunakan pantyliner. Hal itu agar obatnya tidak terserap di celana dalam.

Suplemen probiotik

Keseimbangan bakteri sangat penting untuk kesehatan vagina, dan probiotik dapat meningkatkan bakteri baik pada vagina Anda. Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi suplemen probiotik.

Suplemen probiotik bisa Anda dapatkan di apotek, toko kesehatan, ataupun dibeli secara online. Suplemen jenis itu tak cuma bisa digunakan untuk mengatasi saat gatal sudah terjadi, tetapi juga untuk mencegah perkembangan bakteri, sehingga Anda terhindar dari rasa gatal vagina yang mengganggu.

Makanan berprobiotik

Tentu saja ini fungsinya sama seperti suplemen probiotik, hanya saja probiotik-nya didapatkan dari makanan alami, seperti yoghurt, kombucha, kimchi, dan sup miso.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik

dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di vagina, sekaligus usus Anda. Alhasil, pertumbuhan bakteri jahat penyebab gatal hingga penyakit lainnya, seperti demam tifoid ataupun radang tenggorokan bisa “terkalahkan” oleh peningkatan jumlah bakteri baik.

Sabun pembersih vagina

Gunakan sabun dengan pH di bawah 7 pilih yang pH-nya di bawah 7. 

 

Jika keluhan masih tetap berlanjut setelah melakukan beberapa langkah di atas,segera konsultasi lanjut dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar