Sukses

Seputar Kecanduan Narkoba

11 May 2020, 16:07 WIB
Pria, 22 tahun.

Bagaimana cara menyembuhkan orang yang kecanduan narkoba dan sekarang dia sudah seperti orang gila

Halo bapak

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

 Keluhan anda "seperti orang gila" cukup luas definisinya, apakah dapat dijelaskan dengan lebih rinci?

Kecanduan narkoba bisa disembuhkan, berikut terapi yang dapat dilakukan:

1. Tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi), tahap ini pecandu diperiksa seluruh kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter terlatih. Dokterlah yang memutuskan apakah pecandu perlu diberikan obat tertentu untuk mengurangi gejala putus zat (sakau) yang ia derita. Pemberian obat tergantung dari jenis narkoba dan berat ringannya gejala putus zat.

2. Tahap rehabilitasi nonmedis, tahap ini pecandu ikut dalam program rehabilitasi. Di tempat rehabilitasi ini, pecandu menjalani berbagai program diantaranya program therapeutic communities (TC), 12 steps (dua belas langkah, pendekatan keagamaan, dan lain-lain.

3. Tahap setelah rehabilitasi, tahap ini pecandu diberikan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari, pecandu dapat kembali ke sekolah atau tempat kerja namun tetap berada di bawah pengawasan.

Untuk setiap tahap rehabilitasi diperlukan pengawasan dan evaluasi secara terus menerus terhadap proses pemulihan seorang pecandu. Sebelum memulai rehabilitasi dan selama prosesnya, ada baiknya pecandu didampingi oleh seorang dokter ahli kejiwaan/psikiater. Jika ada masalah mental lain yang dialami (yang anda sebutkan seperti orang gila) dapat pula ditangani oleh psikiater.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar