Sukses

Keguguran Berulang

11 May 2020, 16:07 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hay dok, istri saya waktu Januari kmrn sempat keguguran karna kandungan nya lemah, namun skrng istri saya sudah hamil lagi tapi tetep sama kandungan lemah, selain obat ada ga dok yg bisa menguatkan kandungan seperti madu atau yg lain2 ? Terimakasih

Halo bapak/ibu/Sdr/Sdri

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Apakah yang dimaksudkan kandungan lemah? Gejala apa yang dirasakan?

Keguguran lebih atau sama dengan 3x disebut abortus habitualis, paling sering disebabkan oleh kelainan pada kromosom. Namun pada bebrapa kasus dapat disebabkan oleh :

1. kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radias)

2. Kelainan pada plasenta: terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun

3. Penyakit ibu: beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistem pertahan tubuh. Penyakit yang disebut sebagai Anti phospholipid sindrom.

4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, atau kelainan pada dinding rahim

5. kelainan hormonal

6. Dapat juga disebabkan oleh keluhan emosional

 Penyebab pastinya perlu dicaritahu agar keguguran berulang tidak terjadi kembali. Istilah kandungan lemah sendiri tidak digunakan dalam dunia medis, karena itu mungkin ada kondisi lain yang dimaksudkan sebagai kandungan lemah.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar