Sukses

Darah nifas yang masih keluar

11 May 2020, 15:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat malam dok Saya Dina, saya ingin menanyakan terkait darah nifas Dan lendir yang masih keluar padahal saya melahirkan tanggal 19 February 2020 lalu, namun hingga saat ini belum berhenti. Walaupun yang keluar hanya sedikit. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar darah nifas yang masih keluar melalui fitur Tanya Dokter.

asa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga organ reproduksinya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya, darah keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi organ reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil. Siklus menstruasi pun sudah dapat terjadi lagi. Haid Anda pada umumnya akan kembali normal dalam kurun 6-8 minggu setelah melahirkan jika Anda tidak menyusui.

Terlepas dari Anda melahirkan secara normal atau operasi caesar, Anda akan mengalami masa nifas yang ditandai dengan adanya perdarahan dan keluarnya cairan dari vagina. Selama masa nifas, tubuh akan mengeluarkan sisa darah dan jaringan yang tersisa dari rahim saat hamil. Pada minggu-minggu pertama, darah yang keluar biasanya akan lebih banyak dan terlihat seperti gumpalan.

Seiring dengan waktu, darah yang keluar akan bercampur dengan cairan vagina yang disebut dengan lochia. Lochia merupakan cairan tubuh yang dapat berwarna jernih, putih susu, hingga merah. Cairan ini akan terus keluar hingga 6 minggu usai melahirkan, lalu berhenti pada beberapa waktu dan berganti dengan perdarahan mulainya haid.

Bila sudah lewat dari 40 hari keluar darah lagi ada kemungkinan itu bukan cairan nifas, melainkan darah haid. Ciri dari darah haid adalah tidak dapat membeku.

Bila selama 40 hari tersebut masih tetap keluar darah, kemungkinan lain adalah sebagai berikut:

1. Sisa jaringan kehamilanSisa jaringan kehamilan misalnya ari-ari sehingga rahim tidak dapat kontraksi sempurna

2. InfeksiInfeksi biasanya disertai keputihan dan nyeri

3. Gangguan pembekuan darah, robekan jalan lahir yang terbuka dan lain-lain.

Kalau lebih dari 40 hari Anda masih mengalami hal ini, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan yang menangani Anda, sekaligus mengontrol kondisi organ reproduksi pascamelahirkan.

Berikut kami sertakan artikel lain yang dapat anda baca.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar