Sukses

Air Kelapa dan Manfaatnya Bagi Pengobatan Asam Lambung

11 May 2020, 12:15 WIB
Pria, 55 tahun.

Permisi dok, apakah penderita penyakit lambung boleh mengonsumsi air kelapa muda& mengapa perut sakit sekali setelah BAB?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Menjawab pertanyaan Anda, iya memang air kelapa dapat digunakan sebagai alternatif terapi asam lambung. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mempunyai efek yang baik terhadap kesehatan saluran pencernaan. Di dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa air kelapa bisa mengurangi gejala maag, seperti rasa mual, kembung, dan rasa nyeri ulu hati.

Jadi, bagi penderita maag yang sering kambuh, air kelapa dapat dikonsumsi sebagai salah satu alternatif cara untuk meringankan gejalanya.

Pada kasus-kasus penyakit maag, peradangan terjadi di dalam dinding lambung seseorang, hal inilah yang menyebabkan timbulnya gejala seperti mual, kembung, nyeri ulu hati, dan tidak napsu makan. Pada dinding lambung yang sedang mengalami peradangan, dinding tersebut tidak dapat menyerap air dan gula dari makanan. Selain itu, biasanya juga terjadi kehilangan beberapa mineral esensial, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Air kelapa mengandung zat yang disebut dengan tanine. Zat tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam lambung. Dengan berkurangnya peradangan yang terjadi, gejala maag yang timbul juga akan semakin ringan.

Oleh karena itu, karena air kelapa yang banyak mengandung vitamin, mineral, serta gula bisa digunakan sebagai terapi alternatif untuk mengatasi kelainan pada pencernaan.

Tidak hanya sampai di situ, air kelapa juga dapat menyembuhkan infeksi ringan yang terjadi di dalam tubuh. Kandungan asam laurat yang terkandung di dalam air kelapa mempunyai komponen antikuman.

Ketika asam laurat masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubah asam laurat ke dalam bentuk monolaurin atau sebuah komponen yang mempunyai kemampuan melawan infeksi.

Sedangkan air kelapa untuk mengatasi sariawan sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan keterkaitan kedua hal tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

1 Komentar

  • dea

    pagi dok, saya mau tanya, saat ini saya sedang minum obat mual dan lambung, tp sdh 4 hari ini dada masih terasa sesak dan tenggorokan masih terasa mengganjal, apalagi setelah makan padahal sudah banyak minumin air hangat, dan sendawa pun masih sering, badan pun terasa lemas dan sdkt gemetar, jantung pun berdebar, dan setiap bangun tidur terasa sekali mual lemas gemetar. setiap saya makan makanan manis asin asem dan berminyak selalu kambuh sepertu yg diatas, jadi saya makan bubur tanpa perasa apa² hanya ditambah kentang dan wortel saja karena saya ga bisa makanan sayuran hijau karena langsung ngenyut tulang saya. apa saya harus ganti obat ya dok?