Sukses

Mengatasi BAB Cair dan Muntah

11 May 2020, 10:42 WIB
Wanita, 1 tahun.

Mau tanya dok, obat apakah yg harus dikomsumsi buat anak saya umur 1 thn 10 bln yg saat ini lagi muntah2 dr semalam, dan buang air, tp buang airnya baru hari ini sdh 2x, maaf mencret.dan anak sy tdk mau makan, sdh 2 hari malas makan

Terima kasih telah bertanya menggunakan Tanya Dokter dari KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah saat ini BAB sudh lebih dari 4 kali dalam sehari? Apakah ada keluhan demam, rewel, jumlah pipis berkurang, mata tampak cekung? Apakah ada perubahan susu yang dikonsumsi atau makanan?

Bila tidak ada perubahan jenis susu, Anda juga bisa meneliti jenis makanan yang dikonsumsi sebelum diare. Apakah makanan tersebut merupakan makanan yang dimasak dari luar? Sebab, bisa saja kuman datang dari cara pengolahan yang kurang bersih. Atau, bila si kecil tidak pernah mengonsumsi makanan dari luar rumah, apakah si kecil sudah cuci tangan dengan sabun sebelum makan? Apakah orang yang memasak makanan juga telah menjaga kadar kebersihan pengolahan makannya dengan baik?

Diare pada anak berisiko menyebabkan dehidrasi. Namun, bila asupan makan dan minumnya bagus, maka tidak perlu khawatir. Jika Anda tidak mau minum, tampak lemas, jumlah BAK berkurang dan pekat, sebaiknya segera bawa anak ke dokter terdekat.

Berikut kami sampaikan tips umum mengatasi anak yang diare:

1. Cairan

Berikan anak banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi, terutama jika anak mengalami diare yang disertai muntah. Idealnya, anak harus minum banyak cairan yang mengandung air, garam, dan gula. Contohnya adalah air yang dicampur dengan jus dan sup kaldu.

Jangan berikan minuman bersoda karena dapat membuat diare menjadi lebih buruk. Cairan elektrolit atau air garam lebih diprioritaskan untuk menggantikan cairan yang hilang, terutama diare yang disertai muntah. 

2. Makanan

Bubur atau makanan yang berkuah lebih disarankan dibandingkan makanan padat kering. Jika anak tidak mau, berikan makanan apa saja yang ia mau. Hindari makanan yang berlemak dan pedas.

3. Obat

Obat-obatan diare yang diperlukan anak terutama adalah probiotik dan zinc. Dapatkanlah dengan berkonsultasi pada dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar