Sukses

Timbul Gatal saat Cuaca Panas

05 May 2020, 10:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

Di bagian dada dan punggung itu ada merah" yg menjalar gitu dok, dan ini udah kejadian lama banget. Kerasa gatal waktu keringetan atau hawa panas gitu. Terus juga sempet memudar, tapi kalo keringetan dan hawanya panas gitu balik lagi. Itu kenapa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah timbul bentol seperti gigitan nyamuk saat gatalnya kambuh? Atau apakah muncul ruam yang berbatas tegas dan bersisik? Apakah gatalnya hilang timbul? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? 

Perlu Anda ketahui bahwa timbul kemerahan yang terasa gatal di kulit merupakan salah satu gejala dari berbagai macam kemungkinan diagnosa penyakit. Keluhan tersebut dapat disebabkan karena alergi, infeksi jamur atau bakteri, ataupun sebab lain. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan diagnosis dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Jika penyebabnya adalah alergi, yang harus diketahui adalah alergi apa yang Anda derita. Agar dapat dihindari penyebabnya dan keluhan akan mereda. Tapi memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Jika alerginya disebabkan karena cuaca panas/keringat, maka sebisa mungkin Anda mengatur suhu ruangan agar tidak menimbulkan rasa panas ditubuh yang dapat memicu alergi. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar