Sukses

Nyeri Perut Bagian Pusar

05 May 2020, 09:45 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok perut saya sering sakit bagian dari pusar sampai bagian perut kanan bawah,rasanya perih,cenut cenut kayak ditusuk tusuk ,,,, Kenapa ya dok padahal makan saya sudah teratur

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sudah berapa lama keluhan ini muncul? Apakah sebelumnya diawali dengan nyeri pada ulu hati?Apakah nyerinya hilang timbul? Apakah ada demam, mual, muntah, dan perut kembung? Jika nyerinya kambuh, apakah ada posisi tertentu yang membuat nyerinya berkurang?

Berdasarkan keluhan Anda, yang perlu diwaspadai adalah penyakit radang usus buntu atau appendicitis. Penyakit ini disebabkan karena terjadinya peradangan pada usus buntu akibat adanya sumbatan. 

Gejala yang ditimbulkan berupa, nyeri perut yang berasal dari ulu hati atau pusar lalu menjalar ke perut kanan bawah, nyeri terasa tertusuk-tusuk, mual, muntah, perut kembung, demam, nyeri otot perut, diare ataupun sembelit. 

Bila tidak ditangani dengan segera, usus buntu yang mengalami peradangan dapat pecah dan infeksinya dapat menyebar ke bagian perut lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan langsung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan lab untuk menentukan apakah keluhan tersebut benar disebabkan karena usus buntu atau tidak. Karena penyakit usus buntu termasuk penyakit kegawatdaruratan yang artinya harus segera ditangani.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar