Sukses

Keringat Berlebih di Bokong

04 May 2020, 21:05 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok bokong saya sering bekeringat jika saya duduk terlalu lama atau ketika olahraga, dan keringat nya lumayan banyak dan sangat mengganggu aktivitas dan jg menyebabkan hitam diarea bokong. apakah boleh mengggunakan anperspirant seperti rexona ke daerah bokong hingga selakangan? dan apakah efek nya berbahaya dok? terimakasih dokter

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Keringat berlebih bisa sangat mengganggu. Karena dapat membuat orang menjadi kurang percaya diri. Keringat sebenarnya adalah hal yang normal dari tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem tubuh dengan melepaskan panas. Namun pada beberapa orang proses ini menjadi sangat aktif sehingga mengalami keringat berlebih. Penyebab dari keringat berlebih sangat beragam, bisa karena psikologis, gangguan saraf, hormon,kehamilan dan efek obat - obatan. 

Untuk mengatasi keringat berlebih bisa dengan menggunakan obat topikal maupun sistemik. Selain itu bisa juga dengan operasi. untuk obat topikal biasanya dokter akan memberi obat yang mengandung antiperspirant atau aluminium klorida. Selain itu bisa juga dengan terapi ion, yang disebut iontoforesis. Bisa juga dengan menggunakan suntik botox. Tindakan operasi biasanya menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi keringat berlebih. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar