Sukses

Bekas Suntikan Imunisasi BCG

04 May 2020, 20:19 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, anak saya suntik bcg bulan desember. Trus sekarang ada bekasnya kayak bisul agak besar gitu dok. udah 2 bulan lebih belum meletus juga. itu bahaya gak dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Imunisasi BCG atau Bacillus Calmette Guerin merupakan upaya pencegahan penyakit TBC (Tuberculosis).Vaksin BCG itu sendiri merupakan kuman TB hidup yang sudah dilemahkan dan diharapkan ini dapat menciptakan antibodi pada tubuh bayi untuk melawan penyakit TBC.

Penyuntikan BCG ini dilakukan saat bayi berumur 1-3 bulan. Suntik BCG yang dianjurkan oleh WHO diberikan di lengan kanan atas dan bukan di bagian paha, karena di bagian paha banyak terdapat lemak dan ini menyulitkan untuk ditembus oleh vaksin itu sendiri. Akan tetapi masih banyak juga yang memberikannya di paha karena alasan estetika.

Bakteri BCG ditubuh bekerja dengan sangat lambat. Setelah 2 minggu akan terjadi pembengkakan kecil merah di tempat penyuntikan dengan garis tengah 10 mm. Lalu 2-3 minggu kemudian, pembengkakan menjadi abses kecil yang kemudian menjadi luka dengan garis tengah 10 mm, jangan berikan obat apapun pada luka dan biarkan terbuka atau bila akan ditutup gunakan kasa kering. Luka tersebut akan sembuh dan meninggalkan jaringan parut tengah 3-7 mm.

Proses tersebut bisa berlangsung lama. Biasanya jaringan parut dibekas suntikan akan timbul setelah 3 bulan. Jadi ibu tidak usah khawatir, karena hal tersebut normal terjadi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar