Sukses

Mengatasi Batuk Kering

04 May 2020, 10:13 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dokter saya ingin bertanya, saya batuk dahak sudah lama dan pernah membaik, namun beberapa hari kemudian saya batuk lagi karena ketika membaik itu saya minum minuman yang manis dan dingin. Sekarang saya batuk seperti batuk kering tapi tenggorokan saya gatal, dan ada dahakk sedikit disertai flu. Dan rasa dahak yang sedikit ini mengganggu di dada saya karena ketika sy batuk kadang dahaknya susah keluar sedangkan jika tidak dikeluarkan rasanya mengganjal. Minta saran obat yang harus saya konsumsi dokter

Terimakasih sudah bertanya seputar batuk kering dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda

Apakah batuk yang dialami terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah ada riwayat asma/alergi/ maag?  Sudahkah Anda minum obat? Bagaimana hasilnya?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Penyebab batuk bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  • Asma
  • Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung.
  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor)
  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Secara umum keluhan batuk kering sendiri dapat bantu diredakan dengan beberapa cara. Misalnya dengan tablet hisap antiiritasi, obat pereda batuk yang mengandung dextromethorphan, atau minum air hangat yang ditambahkan madu murni.

Anda bisa download aplikasi Klikdokter di ponsel Anda melalui Google Play Store atau Apps Store untuk mendapatkan layanan live chat 24 jam dengan dokter kami.

Demikian infromasi yang dapat kami sampaiakan seputar batuk kering, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar