Sukses

Mengatasi Diare pada Anak

29 Apr 2020, 11:01 WIB
Wanita, 31 tahun.

Anak saya umur 2th dr kemarin diare, kemarin sehari pup 5x, 2 kali biasa 3x feses nya cair, semalem suhu badannya 37,8 °, siang ini juga masih cair fesesnya.., mau ke RS takut byk virus disana, kira2 obat apa yg bisa saya kasih ke anak saya ya dok? Yg menghentikan mencretnya juga menurunkan panas nya.. terimakasih dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang ibu rasakan.

Diare bisa dialami oleh siapa saja. Diare adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar, yaitu > 3x dalam sehari dengan perubahan konsistensi tinja menjadi cair dan bisa juga disertai lendir/darah.

Ada banyak yang dapat menyebabkan mencret pada anak. Beberapa penyebabnya adalah infeksi virus dan bakteri (kuman). Namun pada anak-anak yang paling sering menyebabkan diare adalah infeksi virus, seperti rotavirus. Yang ditandai dengan diare yang sangat banyak bisa melebihi 10 - 15 x sehari, dan berisi air ditandai juga dengan demam. 

Diare pada anak  perlu diwaspadai karena tubuh anak yang sebagian besar terdiri atas cairan (80%) sehingga akan mudah sekali menjadi dehidrasi  (kekurangan cairan) akibat diare. Yang  diperlukan adalah mengawasi jumlah cairan di dalam tubuh anak dan waspadai tanda-tanda dehidrasi, yaitu kulit kering, mata cekung, lemas, sering tidur, bibir kering, terlihat sangat kehausan, jumlah urin sedikit.

Untuk mengatasi diare anak, pastikan asupan gizi dan cairannya tetap terpenuhi, lalu berikan cairan oralit pada anak. Oralit dapat Anda buat sendiri dirumah maupun dibeli di apotek. Selain itu, berikan juga sirup atau tablet zinc selama 10 hari berturut-turut.

Jika Ibu mendapatkan tanda-tanda dehidrasi pada anak, segeralah membawanya ke ugd rs terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak ibu lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar