Sukses

Nyeri Sendi Setelah Operasi Pengangkatan Rahim

29 Apr 2020, 10:09 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi Dok, saya mau tanya Ibu saya umurnya sudah 56 tahun, semenjak melakukan operasi pengangkatan rahim karena kanker 1 tahun yg lalu seluruh tubuhnya terasa sakit secara bergantian, terkadang bahu dan tangan kanan terasa nyeri dan sakit hingga tidak bisa mengangkat beban (bahkan beban yg tidak sampai 1 Kg pun tidak bsa diangkat), saya sudah berikan susu produgen gold untuk mengurangsi rasa sakit tersebut tapi sekarang malah lutut kaki kanan mengalami bengkak dan nyeri saat mau berdiri ataupun mau duduk, dibagian belakang lutut jga terdapat seperti benjolan yg mengeras, tolong bantu Dok ini kenapa dan apa bsa disembuhkan dengan memberikan suplemen tulang saja atau harus periksa ke RS (mengingat kondisi COVID-19 sekarang yang membuat kami takut kalau kerumah rumah dan ditambah umur Ibu saya yg termasuk rentan bisa tertular)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang ibu Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan yang dialami ibu Anda, kemungkinan nyeri sendi terjadi akibat gangguan kadar hormon di tubuh, yaitu hormon estrogen. Hormon estrogen pada wanita ini berfungsi untuk melindungi sendi dari peradangan. Jadi ketika masuk tahap menopause atau mengalami pengangkatan rahim secara keseluruhan, hormon ini akan menurun di dalam tubuh. 

Masalah pada lutut kaki kanan yang nyeri dan bengkak kemungkinan disebabkan karena kerusakan pada sendinya (osteoartritis). Osteoartritis merupakan penyakit degeneratif yang menyebabkan peradangan pada sendi. Kebanyakan sendi yang terkena adalah sendi lutut. Gejala yang timbul berupa nyeri, kaku sendi, dan juga pembengkakan akibat penumpukan cairan. 

Tapi keadaan yang dialami ibu Anda juga bisa disebabkan oleh penyebab lain, seperti:

- Rematik (rheumatoid artritis)

- Rematik gout/asam urat (artritis gout)

- Rematik infeksi (artritis septik)

- Osteoporosis

Untuk penanganan sementara dirumah, Anda bisa memberikan obat antinyeri kepada ibu Anda, seperti paracetamol, ibuprofen ataupun asam mefenamat. Anda juga dapat memeberikan suplemen tambahan yang mengandung chondroitin dan glucosamine yang baik untuk persendian. Lakukan juga kompres dingin pada bagian yang nyeri, dan jangan terlalu banyak gerak.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga ibu Anda lekas sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar