Sukses

Nyeri Perut Kanan

28 Apr 2020, 22:44 WIB
Wanita, 23 tahun.

Golongan darah saya sebenarnya tidak tau Saya perempuan, usia 23 tahun, bb 44 (saya memang kurus), tinggi 162cm Dok sebelumnya mohon maaf sekali, sebenarnya ini agak urgent, saya mau ke puskesmas tapi takut ketularan virus corona.. Jadi begini dok, mohon maaf ya, saya pernah suka masturbasi dengan terong mulai 2 bulan lalu, setelah sekitar seminggu saya terinfeksi saluran kemih, ke puskes, di resepkan cipro beres, ilang infeksinya Terus bodohnya saya balik lagi masturbasi pakai terong, saya pikir kali ini, kalo bersihiin terong itu lebih menyeluruh ngga akan kena apa2. Nah sekitar 3 minggu lalu, saya merasa sakit persis di sebelah kanan pusar saya, sakitnya tajam dan menusuk, cuma beberapa detik aja, beberapa kali dalam sehari setelah itu menghilang. Saya pikir ah paling ilang sendiri, soalnya ngga ada gejala lain cuma itu saja. Saya tunggu sekitar 5-7 hari masih begitu juga.. Saya google gejala2 saya pikir bisa appendix, panik, bisa gawat Tapi ngga disertai mual/muntah ataupun demam. sampai sekarang pun ngga pernah ada mual/muntah atau demam sama sekali. Terus sakitnya menyebar, sekitar 7 hari dari awal kerasa sakit itu, kemudian di kiri pusar sakit, terus menebar ke seluruh abdomen bawah kanan dan juga sakit di abdomen bawah kiri sampai persis dibawah buah dada saya sakit dan berasa kaya kembung.. Terus di bagian paling luar abdomen kanan kiri ototnya berasa ketat dan sakit kalo saya stretching ke kanan kiri, kerasa banget (tightness in the abdomen ngga yakin bahasa indonya apa) Kalo saya tekan bagian yang sakit ngga berasa sakitnya, dulu sakit dikanan pusar cuma kadang2 aja, sekarang semua sakit yg saya jelasin diatas itu konstan, kerasa terus seharian dok. Kadang membaik kadang lebih buruk tapi selalu kerasa sakitnya.. Itu aja dok gejalanya ngga pernah mual / muntah ngga ada demam sama sekali, Nah karna udh didiemin sekitar 2 minggu makin parah aja, saya pikir paling infeksi bakteria dari terong itu menyebar, Soalnya saya 23 tahun terakhir bener2 sakit itu cuma kena strep dan itu udah lama sekali, infeksi saluran kemih pun sebelumnya ngga pernah.. cuma beberapa minggu setelah masturbasi pakai terong itu...bisa sampe begini.. Makanya saya lumayan yakin penyebabnya infeksi bakteri dari terong itu.. Saya pikir daripada kedokter malu juga bingung ngomongnya, langsung mau coba dulu tanganin sendiri pake antibiotik, saya pilih azythromycin karna membunuh banyak bakteri yg berbeda (wide coverage). Saya lumayan yakin pada saat itu, bahwa abis treatment pake azy itu bakal sembuh.. Terus untuk dosis saya liat2 untuk berbagai macam infeksi dosis yg paling sering diresepkan adalah 500mg hari pertama setelah itu 250mg hari kedua sampai kelima. Jadi saya putuskan itu. Beli azy satu strip merk kimia farma Hari ketiga setelah makan azy itu hampir semua sakitnya udh ilang Bener dok Nah hari keempat kerasa balik lagi sakit2nya dok, ga separah sebelum minum azy, tapi tetep sakit. Nah saya panik gimana ini, padahal tinggal sehari lagi dosis 250mg, malah balik sakit2nya lumayan. Saya pikir mungkin begini karna antibiotik azythromycin aja ngga cukup untuk membunuh semua bakteri penyebab sakitnya, atau dosisnya kurang besar, ngga tau..bisa juga jamur yg infeksinya.. jadi setelah beberapa hri bakteri yg tidak terbunuh berkembang biak dan sakitnya kembali lagi. Sori sok tahu dok..karna kalo ke rumah sakit / puskes ngeri kena corona, kan mesti ngantri, bulak balik tes ini itu, mungkin mesti rontgen / st scan.. Jadi saya treat sendiri. Kalo abis dosis terakhir ngga baikan saya akan ke dr yang masih praktek, soalnya puskesmas ruang tunggunya banyak orang sakit kemungkinan corona kan.. Mohon maaf panjang sekali, supaya jelas aja.. Tolong dok dijawab saya takut sekali akan menyebar ke organ dan bisa fatal :'( Terima kasih sekali telah membaca pertanyaan saya ya dok :-)

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Nyeri perut kanan memang lebih sering dikaitkan dengan appendicitis atau peradangan pada usus buntu. Gejala yang ditimbulkan berupa, nyeri pada ulu hati lalu menjalar ke perut kanan bawah, mual, muntah, demam. 

Tapi nyeri perut kanan juga bisa disebabkan hal lain, seperti gangguan pada lambung, gangguan pada hati, empedu, ginjal maupun kandungan. 

Untuk mengetahui diagnosis pasti dari keluhan Anda dibutuhkan pemeriksaan secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti USG untuk mengetahui pasti penyebabnya. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan dengan segera, karena apabila benar radang usus buntu, harus mendapatkan penanganan segera untuk menghindari komplikasi yang dapat terjadi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar