Sukses

Benjolan di Anus

28 Apr 2020, 20:27 WIB
Pria, 30 tahun.

Maaf dok sy mau tanya, dulu sy pny kebiasaan susah bab, dan tiap bab hrs dicolok dulu pke jari, ampe suatu ketika luka, dan lukanya ga sembuh2 +-10hari sy diemin sembuh sendiri tapi bekas lukanya jd kaya jerawat panjang/kutil tapi ga sakit, dan ukuran nya segitu aja, karena risih sy kasih obat kutil, tapi malah jd sakit dan kaya luka tapi tuh bintik panjang/kutil ilang, tapi bgtu kering numbuh lagi dan malah jd 3 dan jd suka gatel, dan cepet bgt numbuh gedein nya sy ksh obt kutil copot tapi numbuh lg gitu terus numbuhnya cpt bgt, dan stlh itu sy ga berani colok lagi, jd bab nya kering dan keras dan ga teratur dan menimbulkan luka dan lama sembuhnya bgtu sembuh jd bintik bintik lg, ampe skrng sy kalo bab selalu luka dan lama sembuh, kira kira ini kutil kelamin bukan ya dong,? Obatnya apa? Sy cari diapotik mana mana ga ada obat kutil kelamin. Txs dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang bapak rasakan.

Benjolan di anus, bisa disebabkan berbagai hal, seperti kutil anus, wasir, abses anus,dll. 

Kutil kelamin sendiri adalah penyakit menular hubungan seksual yang disebabkan oleh virus HPV ( Human Papilloma Virus). Bentuknya pun khas, yaitu seperti bunga kol atau jengger ayam , terasa gatal dan akan terus membesar jika tidak diobati. 

Kutil pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi (pembekuan) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Sebaiknya Anda memeriksakan secara langsung mengenai keluhan Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah benar kutil atau bukan, sehingga Anda dapat penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga bapak lekas membaik.

1 Komentar