Sukses

Perut Mual dan Batuk

28 Apr 2020, 20:14 WIB
Wanita, 16 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Beberapa hari ini kakek saya sakit. Katanya badannya ngak enak,perutnya mual-mulal, batuk. Kadang kakek saya bicara hal-hal yang aneh. Seperti katanya beliau menonton tv padahal beliau sedang tiduran di kamar. Seperti mengalami halusinasi. Dan sering muntah tapi mutahnya hanya muntah air. Sudah diberi obat batuk dan paracetamol tapi juga tak kunjung sembuh. Usia kakek 80 ke atas. Kira-kira kakek saya kenapa ya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang kakek Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sejak kapan keluhan ini dirasakan kakek Anda? APakah kakek Anda makan dengan teratur? Apakah susah makan? Apakah kakek Anda memiliki riwayat penyakit, seperti diabetes, hipertensi?

Perut yang terasa mual bisa disebabkan karena meningkatnya asam lambung (maag). Hal ini bisa dipicu karena makan yang tidak teratur, makanan pedas/asem, stress, kafein,alkohol dan juga merokok. Gejala yang ditimbulkan berupa nyeri ulu hati, mual, muntah, dan perut kembung. Apabila cairan lambung naik sampai ke kerongkongan (GERD), maka akan timbul gejala batuk, nyeri dada atau dada terasa seperti terbakar, dan sesak. 

Saran saya, sebaiknya kakek Anda diperiksakan langsung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik lengkap agar diketahui dengan pasti penyebab keluhan dan halusinasinya, serta mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga kakek Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar