Sukses

Pembengkakan pada Bibir Vagina

28 Apr 2020, 12:07 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok,labia kanan saya merah&bengkak sudah 3 hari..terjadi pas awal di bersiin terllu keras/mungkin lecet jdi bengkak..di obatin pke obat salep nebacitin ko blom kempes y dok??..hrusnya gmna??...trimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah terasa nyeri pada bibir vagina yang bengkak? Apakah ada benjolan? Apakah Anda mengalami keputihan?

Pada dasarnya bengkak pada bibir vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti pembengkakan kelenjar di sekitar vagina, alergi, gigitan serangga, benturan, dll. 

Pembengkakan pada bibir vagina bisa juga terjadi akibat infeksi pada kelenjar rambut yang bisa terjadi saat Anda mencukur rambut di bagian genital. Hal ini bisa terjadi karena proses pencukuran yang tidak bersih, sehingga terjadi penyumbatan pada kelenjar rambut dan terjadi infeksi.

Penyebab lain sering terjadi adalah pembesaran kelenjar bartholin. Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses(berisi nanah).

Untuk sementara Anda dapat mengompres bagian yang bengkak dengan air dingin dan selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan agar tidak terjadi infeksi yang parah. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebab keluhan tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar