Sukses

Bermimpi saat Tidur

28 Apr 2020, 11:43 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter, saya ingin bertanya, kenapa saya selalu bermimpi saat tidur? Bahkan saya pernah bermimpi walaupun tidur saya hanya 15 menit? Apakah itu tidak normal jika selalu bermimpi bahkan saat durasi tidurnya singkat? Apakah dapat berakibat kerusakan pada sel otak nantinya? Saya bahkan sering menyadari saat itu jika saya sedang bermimpi, sering kali saya mengingat mimpi saya. Bahkan ketika saat saya bermimpi dan saya dibangunkan saya bisa melanjutkan mimpi saya, apakah saya ada gangguan tertentu dok? Apakah nanti kedepannya akan berdampak pada suatu penyakit? Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Bermimpi adalah hal yang normal. Hingga kini belum ada penelitian yang mengaitkan mimpi dengan gangguan otak dan penyakit tertentu. Namun asumsi sementara oleh sebagian ahli adalah mimpi merupakan cerminan aktivitas pola pikir dan kegiatan sehari-sehari.

Semua peristiwa didalam hidup terekam dalam otak. Ketika rekaman tersebut terputar kembali di alam mimpi, sangat tergantung dari faktor intesitasnya, bagaimana kuatnya, bagaimana jumlahnya rekaman-rekaman kejadian di otak kita menentukan apakah kita cukup terpengaruh oleh pengalaman-pengalaman kita itu. Oleh sebab itu, proses mimpi yang dialami bukanlah suatu hal yang berbahaya karena sebenarnya merupakan cerminan aktivitas otak. Sejauh ini Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kebiasaan Anda bermimpi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar