Sukses

Puasa Saat hamil, Bolehkah?

24 Apr 2020, 10:35 WIB
Wanita, 35 tahun.

hai dok. mau tanya usia kandungan saya skrg 17 week. apakah aman jika saya berpuasa dan apakah boleh saya mengkonsumsi vitamin enervon-c ? terimakasih

Terimakasih sudah bertanya seputar puasa saat kehamilan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Puasa saat hamil boleh dilakukan, namun harus di konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis Kebidandan dan Kandungan untuk memastikan kondisi janin dan ibu. Apabila kondisi keduanya baik, dokter akan memberikan izin untuk melakukan puasa penuh. 

Perlu diingat, bahwa puasa saat hamil bisa memberikan efek samping seperti pusing, lemas, hingga pingsan yang mungkin disebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh dan dehidrasi.

Jika saat puasa, terjadi beberapa kondisi seperti 

  • Terjadi perubahan pada gerakan janin
  • Terjadi kontraksi yang nyeri
  • Bila Anda merasa lemas, pusing, dan pingsan

Maka, segeralah batalkan puasa Anda dan mulailah berbuka puasa dengan air putih terlebih dahulu diikuti dengan makanan yang bergizi.

Vitamin C baik untuk ibu hamil, karena membantu penyerapan zat besi dan memelihara daya tahan tubuh ibu. Dosis vitamin C yang dibutuhkan per hari bagi ibu hamil adalah 85 mg yang bisa di dapat dari sumber makanan seperti sayuran dan buah. Jika Anda ingin menambahkan suplemen vitamin C lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengingat dosis yang berlebihan pada vitamin C dapat memberikan efek samping spt kram perut, diare, 

Demikian informasi yang bisa kami berikan seputar puasa saat kehamilan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar