Sukses

Penyebab Batuk Lama

23 Apr 2020, 13:09 WIB
Pria, 19 tahun.

Mengapa ya dok saya mengalami batuk sudah 2 Minggu lebih tidak kunjung sembuh,batuknya terjadi ketika bangun tidur,terpapar asap rokok,terkena angin malam dan setelah makan/minum,di dalam tenggorokan ketika buang dahak terkadanh ada bercak warna merah atau coklat,dan di ulu hati terasa tidak enak,ingin bersendawa kaya susah/tersendat,hidung kadang tersumbat

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan hal yang biasa terjadi. Namun bila batuk dirasakan sudah lama dan tidak sembuh dengan pengobatan, hal ini dapat sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Hal-hal yang dapat menjadi penyebab batuk lama adalah:

-Merokok

-Asma

-Alergi

-ISPA

-Penyakit radang paru

Untuk mengetahui penyebab dari batuk lama Anda, perlu diketahui riwayat kesehatan dan juga penyakit Anda sebelumnya. Sudah berapa lama batuknya? Apakah berdahak atau kering? Apakah ada demam? Apakah ada keringat malam yang berlebih?  Apakah ada riwayat alergi? Apakah Anda merokok? Apakah sekarang sedang terkena flu? Apakah ada orang disekitar yang juga mengalami batuk? Apaka ada orang disekitar yang pernah menjalani pengobatan paru selama 6 bulan?

Jika Anda sudah mengalami batuk lebih dari 2 minggu, sebaiknya memeriksakan langsung ke dokter untuk dievaluasi lebih lanjut. Selain itu, mungkin juga dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan dahak dan juga rontgen dada.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar