Sukses

Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Bulan

23 Apr 2020, 12:49 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok anak sy usia 5 bln 1 minggu tapi blm bisa tengkurep dan balik sendiri. Knp ya dok? Dan kepala anak saya miring doyong ke kiri gak lurus tegak. Padahal sudah kuat angkat kepala. Trs kepalanya juga tdk simetri dok kanan dan kirinya. Seperti peyang . Sy khawatir dok. Harus bagaimana dok ? Mohon sarannya

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Anda dapat selalu memantau tumbuh kembang anak anda disini.

Biasanya bayi akan tengkurap dan mulai mengangkat kepala di usia 1 -2 bulan, mengangkat dada usia 2 bulan, dan bertumpu di siku pada usia 3 bulan. Bayi mulai berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang dan sebaliknya mulai usia 3-5 bulan. Namun, ada kalanya tengkurap baru dijalani bayi pada usia 3 bulan. Awalnya bayi akan memiringkan badan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, berilah kesempatan yang banyak bagi bayi untuk mengeksplorasi tubuhnya.

Kepala peyang (sindrom kepala datar) sering dialami oleh bayi baru lahir karena bagian ubun-ubun kepala masih lunak. Kepala bayi mulai menetapkan bentuknya pada usia 6-20 bulan, sehingga sebelum waktu itu masih ada kesempatan untuk melakukan koreksi terhadap bentuk kepala bayi Anda.

Apabila bayi Anda masih kecil dapat dilakukan terapi reposisi. Terapi ini melibatkan perubahan posisi bayi secara berkala untuk menghindari penekanan pada area kepala yang peyang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah:

  • Variasikan posisi tidur si kecil saat tidur siang/malam agar tidak terlalu sering tidur dengan posisi miring atau terlentang.
  • Sediakan waktu agar bayi tidur tengkurap namun pastikan dengan pengawasan orangtua.
  • Secara berkala ubah posisi kepalanya agar penekanan kiri dan kanan sama.
  • Anda juga bisa menggantung mainan agar anak melihat-lihat ke arah yang berbeda-beda saat berbaring.
  • Atur posisi bayi Anda saat menyusui, hindari penekanan pada bagian kepala yang peyang.
  • Sediakan waktu untuk tengkurap saat bermain (tummy time).

Adapun perkembangan motorik dengan usia yang dusebutkan di atas hanyalah rata-rata, adanya keterlambatan bila tidak terlalu lama bukan menandakan anak Anda tidak normal. Tiap bayi akan memiliki 'zona waktu' tersendiri, yang terpenting Anda kontrol kesehatan bayi secara rutin pada tahun pertama pada dokter spesialis anak. 

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar