Sukses

Bolehkan Memijat Tulang Lutut yang Bergeser?

21 Apr 2020, 22:06 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok kalau tulang lutut habis bergeser namun sudah kembali bolehkah dipijit?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Dislokasi sendi lutut berarti adanya pergeseran antar  tulang kaki bagian bawah dengan tulang paha. Tulang-tulang tersebut bergeser dr letak seharusnya. Tulang-tulang yang berada di sekitar lutut dihubungkan dengan sebuah jaringan yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi untuk menstabilkan antar tulang. Dislokasi dapat terjadi jika adanya robekan di salah satu ligamen.

Gejala yang dapat timbul adalah nyeri hebat pada daerah lutut, terkadang bisa hilangnya sensasi rasa di bawah lutut. Pada lutut yang bergeser dapat terjadi pembengkakan yang berasal dari cairan di dalam lutut dan biasanya sangat nyeri bila digerakkan.

Untuk penanganannya sebaiknya menghindari melakukan pemijatan pada tulang lutut yang bergeser. Karena bisa saja malah memperparah cederanya. Bergesernya sendi lutut sebaiknya ditangani dengan membatasi pergerakan dan membalut bagian lutut agar tidak bergerak.

Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap lutut Anda dan diberikan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Sdri lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar