Sukses

Batuk dan Sakit Tenggorokan

21 Apr 2020, 21:05 WIB
Pria, 34 tahun.

Dokter saya skrg sedang mengalami agak sakit di tenggorokkan saya dan batuk2 seperti berdehem gitu dok. ini Gejala apa ya dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang bapak rasakan.

Batuk dan sakit tenggorokan adalah hal yang umum dan pernah dirasakan setiap orang. Rasa mengganjal di tenggorokan yang Anda rasakan kemungkinan merupakan gejala dari radang tenggorokan.

Radang tenggorokan bisa disebabkan karena infeksi virus, bakteri ataupun alergi. Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes.

Untuk penanganan awal dirumah Anda dapat berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam, minum air hangat, hindari makanan berminyak dan manis, dan bisa juga mengkonsumsi permen pelega tenggorokan.

Jika sakit tenggorokan tidak membaik dan timbul gejala lain seperti demam, flu, dan sesak napas, maka Anda perlu waspada terhadap infeksi virus yang saat ini sedang mewabah. Apabila gejala yang dirasakan semakin bertambah, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Bapak lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar