Sukses

Benjolan di Ketiak

21 Apr 2020, 11:53 WIB
Wanita, 44 tahun.

Anak saya usia 15 thn ada benjolan d ketiak sebelah kanan dan terasa sakit,apakah tdk berbahaya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Ibu rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sejak kapan benjolan tersebut muncul? Apakah benjolan bertambah besar? Apakah ada demam? Apakah terdapat nanah pada benjolan?

Benjolan di ketiak bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti infeksi, hormonal, kurangnya kebersihan, dll. Penyebab tersering adalah karena pembesaran kelenjar getah bening dan juga infeksi pada kelenjar keringat atau akar rambut. 

Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak). Tapi apabila benjolan diikuti dengan gejala seperti penurunan berat badan yang drastis, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga, maka perlu diwaspadai. 

Infeksi pada kelenjar keringat atau akar rambut juga sering terjadi, terutama pada remaja. Karena pada masa ini hormon meningkat sehingga terjadi peningkatan aktivitas pada kelenjar keringatnya dan membuat remaja cepat berkeringat. Keringat yang menumpuk menjadi tempat yang disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Kurangnya kebersihan membuat bakteri dapat muncul dan menyumbat kelenjar keringat sehingga timbul benjolan yang nyeri. Masa pubertas juga membuat remaja sudah memiliki rambut halus pada ketiak. Pada beberapa remaja yang sering mencukur rambut ketiaknya, memang akan gampang terjadi iritasi. Bisa karena proses mencukur yang kurang bersih ataupun produk deodoran atau sabun yang kurang cocok.

Untuk memastikan penyebab benjolan di ketiak anak Anda, saya sarankan untuk memeriksakan secara langsung ke dokter. Agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar