Sukses

Tangan dan Kaki Terasa Panas

17 Apr 2020, 16:28 WIB
Pria, 54 tahun.

Tanya dokter, sudah 2 minggu terakhir, dibagian ke 2 kaki dan tangan terasa panas, bagaikan tersiram air cabai, sudah saya coba pergunakan cream pemanas tapi tidak menghilang, gejalan pertama selalu muncul menjelang sore hari tapi sudah tiga hari ini pagi-pagi juga sudah terasa, mohon penjelasannya dan sarannya dokter. Terimakasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Apakah ada gejala lain seperti nyeri, bengkak, kesemutan, dsb? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit seperti alergi, diabetes, hipertensi?

Tangan dan kaki yang terasa panas bisa disebabkan karena berbagai faktor. Keluhan tersebut bisa disebabkan karena adanya gangguan pada otot, saraf dan pembuluh darah.

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan tangan dan kaki terasa panas:

- Neuropati perifer, merupakan kerusakan saraf tepi yang bisa terjadi di tangan maupun kaki. Penyebab paling umum penyakit ini adalah penyakit kencing manis atau diabetes.

- Artritis atau radang sendi, seperti rematik, osteoartritis, asam urat tinggi

- Dermatitis kontak

- Stroke

- Saraf kejepit

- Gangguan pada ginjal

- Gangguan pada hati

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, diperlukan tambahan informasi seperti pertanyaan saya diatas dan juga pemeriksaan fisik secara langsung. Saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

1 Komentar

  • Januari

    Halo dok.. Anak saya umur 3thn 6bln tadi malan tiba tiba panas di telapak kaki dan tangan..dan leher juga panas... Itu gejala apa dok?. Terima kasih