Sukses

Penampilan Ideal

17 Apr 2020, 15:35 WIB
Pria, 19 tahun.

Saudara perempuan saya kurang pde dengan penampilan nya/minder. Berat badannya 48 kg; tinggi 127 cm; umurnya 15 thn. Gmna y dok cara menurunkan berat badan dan meninggikan tinggi badannya??dia mncba olahraga lari santai, badminton,dan bbrpa gerakan lain

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Tinggi dan berat badan memang sangat berpengaruh pada penampilan setiap orang. Tak sedikit orang yang berusaha melakukan apa saja demi mencapai penampilan yang ideal.

Untuk tinggi badan, yang perlu diketahui adalah pertumbuhan tinggi pada wanita akan bertambah pesat saat mereka memasuki masa pubertas, yaitu sekitar umur 8 – 13 tahun. Wanita mencapai puncak pertumbuhan tingginya 2 tahun setelah dimulainya masa pubertas, yaitu sekitar umur 14 – 16 tahun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi seseorang, yaitu genetik, jenis kelamin, kondisi medis tertentu, nutrisi dan olahraga. 

Karena saudari Anda masih dalam usia masa pubertas, pastikan mencukupi kebutuhan nutrisinya terutama makanan/minuman yang mengandung kalsium, vitamin D, fosfor dan protein. Selain itu, rutinkan aktifitas fisiknya seperti berolahraga. Karena saat aktif bergerak, pelepasan hormon pertumbuhan juga akan semakin banyak. 

Untuk berat badannya, yang paling utama adalah dengan membatasi asupan kalori per hari. Kurangi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat, gula dan kurangi juga cemilan-cemilan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan serat agar tidak cepat lapar.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar