Sukses

Penyebab Kaki Bengkak dan Nyeri

15 Apr 2020, 14:48 WIB
Pria, 24 tahun.

Doc ketika saya bangun tidur kaki kiri saya sakit bgt dan tidak bisa dipakai berjalan. Hingga sudah 2 hari sekarang kaki saya panas dan bengkak. Saya 2 hari sebelumnya tidak memakan daging, kira kira kaki saya kenapa ya dok

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai kaki bengkak dan nyeri. 

Kemungkinan yang anda alami bisa berkaitan dengan asam urat. Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Akibatnya terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi (peradangan) pada persendian (artritis).

Gout yang kronis (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat baik di dalam maupun di sekitar persendian. Pada akhirnya hal ini dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Diagnosis Asam UratProses diagnosis asam urat (gout) dialkukan lewat pengumpulan informasi mengenai keluhan yang dirasakan oleh penderitanya. Selanjutnya bisa dilakukan pemeriksaan dengan melihat cairan yang ada disekitar sendi (synovial fluid). Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk menemukan adanya kristal-krital asam urat.

Pemeriksaan lain yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine. Melalui pemeriksaan ini dapat dipastikan bila terjadi peningkatan asam urat dan kristal-kristal asam urat.

Kriteria untuk mencurigai adanya asam urat adalah munculnya nyeri yang berlangsung cepat dan peradangan sendi. Peradangan ini dapat berpindah dari satu sendi ke sendi yang lain, terutama di sendi jempol kaki. Keluhan nyeri biasanya akan hilang setelah serangan.

Gejala Asam Urat

Gejala awal asam urat (gout) yang umunya dirasakan oleh penderitanya, panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba. Persendian yang sering mengalami serangan adalah persendian kecil seperti ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan akut penderita gout dapat timbul demam dan nyeri hebat pada sendi yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian. Seiring berjalannya waktu, serangan gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras namun tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan serta di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki. Selain itu dapat ditemukan juga pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki), dan pita suara (sangat jarang terjadi).

Pada dasarnya, nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai hal.Salah satunya adalah kelebihan kadar asam urat dalam darah. Kelebihan asam urat dapat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian, sehingga dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri.

Meskipun demikian, asam urat bukanlah satu-satunya penyebab nyeri sendi. Beberapa penyakit yang kerap menimbulkan keluhan nyeri sendi selain asam urat,yakni:

OsteoartritisOsteoartritis (pengapuran pada sendi) merupakan penyebab nyeri sendi yang paling sering. Penyakit ini lebih sering terjadi pada usia lanjut dan orang yang mengalami kegemukan/obesitas.

Penyakit rematikPenyakit rematik disebabkan oleh gangguan autoimun. Pada penyakit rematik, sistem imun tubuh yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang sel-sel normal pada sendi sehingga menyebabkan peradangan sendi. Pertambahan usia, jenis kelamin wanita, dan faktor keturunan merupakan beberapa hal yang menjadi faktor risiko terjadinya penyakit ini.

Radang sendi akibat infeksiInfeksi pada persendian dapat pula menyebabkan rasa nyeri pada sendi. Nyeri akibat infeksi biasanya disertai dengan demam, bengkak, dan kemerahan pada sendi. Pemicunya adalah riwayat kecelakaan dan luka pada sendi, atau adanya infeksi pada bagian tubuh lain yang menyebar ke area persendian.

Penyakit lainnyaBeberapa penyakit lain –seperti ankylosing spondilitis, reiter’s syndrome, psoriatic arthritis, penyakit lupus, dan penyakit jantung rematik juga dapat menyebabkan nyeri sendi walaupun lebih jarang terjadi. 

Karena banyaknya kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan nyeri sendi, Anda perlu bekonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebab di balik keluhan yang Anda alami. Pasalnya, masing-masing penyakit memiliki karekteristik khusus sehingga dokter akan mencari tahu penyebab nyeri sendi tersebut dari hasil wawancara, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang -seperti pemeriksan rontgen sendi dan pemeriksaan laboratorium jika diperlukan. Setelah penyebab diketahui, barulah penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar