Sukses

Mengenal Gejala Covid-19

15 Apr 2020, 14:47 WIB
Wanita, 29 tahun.

ASsalamuallaikum Dok anak saya umur 5 thn 2 hari ini batuk dan pilek tp tdak demam takutnya terjangkit corona.apa yang bisa sy lkukan sendiri untuk mengecek dok.terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar corona melalui fitur Tanya Dokter.

Coronavirus dapat menimbulkan gejala yang bervariasi, mulai dari flu biasa hingga gangguan pernapasan berat menyerupai pneumonia. Gejala yang umum dialami mereka yang mengalami infeksi coronavirus adalah:

Demam tinggi disertai menggigil

Batuk kering

Pilek

Hidung berair dan bersin-bersin

Nyeri tenggorokan

Sesak napas

Gejala tersebut dapat bertambah parah secara cepat dan menyebabkan gagal napas hingga kematian. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) gejala infeksi virus 2019-nCoV dapat muncul mulai dua hari hingga 14 hari setelah terpapar virus tersebut. Jika anak tidak mengalami demam tinggi diatas 38 derajat disertai keluhan sulit nafas maka kemungkinan anak dapat dilakukan isolasi mandiri di rumah saja. Kemungkinan kecil mengalami corona. 

Cara terbaik untuk menghindari penyakit infeksi coronavirus adalah melakukan tindakan pencegahan secara aktif. CDC menyarankan setiap orang melakukan tindakan seperti:

Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik

Apabila tidak memungkinkan atau tidak tersedia air dan sabun, bersihkan tangan menggunakan pembersih tangan berbahan alkohol

Hindari menyentuh hidung, mata, atau mulut terutama bila tangan masih kotor

Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit

Tetaplah di rumah bila sedang sakit

Tutup mulut dengan tisu atau dengan menekuk siku saat Anda batuk atau bersin

Hindari kontak dengan hewan ternak secara langsung

Hindari bepergian, terutama ke daerah dengan kasus infeksi coronavirus

Hindari mengonsumsi daging yang belum matang sempurna.

Menjaga nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih dalam jumlah cukup, dan istirahat cukup juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari infeksi virus corona.

Setiap orang yang mengalami gejala menyerupai infeksi corona, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk memastikan penyebabnya.

Berikut kami lampirkan artikel terkait yang dapat anda baca.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar