Sukses

Rambut rontok dan anemia

15 Apr 2020, 00:54 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau nanya. Kenapa sih saya mengalami rambutrontok dan rontok nya tuh beda kayak rontok umum gitu. Jadi kalo misalkan saya menyisir rambut pake jari2 tangan tuh si rambutnya rontok banyak. Rontoknya gk rasional dok. Trus saya baca2 artikel ttg rambut rontok gitu kan. Katanya rambut rontok juga bisa disebabkan oleh anemia? Itu bener gk? Kalo bukan karena apa? Saya waktu itu emang pernah di diagnosis anemia sih. Tapi emang bener ngaruh? Terimakasih dok. Maaf panjang ehe :)

Terima kasih telah bertanya seputar rambut rontok dan anemia melalui fitur Tanya Dokter.

Rambut rontok dapat berhubungan dengan kondisi darah Anda. Darah atau hemoglobin punya tugas membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk pertumbuhan rambut. Kadar hemoglobin rendah atau kurang darah  disebut anemia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya nutrisi zat besi. Defisiensi zat ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin pada darah secara cukup.

Beberapa studi mengatakan bahwa defisiensi zat besi memiliki hubungan yang cukup erat dengan rambut rontok. Seperti yang tertuang pada “Journal of the American Academy of Dermatology”, dikatakan bahwa pengobatan untuk rambut rontok akan lebih berhasil jika kekurangan zat besi diobati dengan ataupun tanpa anemia. Meski demikian, tidak semua studi berpendapat sama. Studi lainnya tidak menemukan hubungan antara defisiensi zat besi dan rambut rontok. Akan tetapi, pemeriksaan kadar zat besi sudah dijadikan prosedur rutin untuk mereka yang mengalami rambut rontok.

Rambut rontok akibat anemia defisiensi zat besi memberikan penampakan kebotakan yang umum baik pada laki-laki maupun perempuan. Pada laki-laki, kebotakan akan mulai terjadi pada pelipis atau puncak kepala hingga ke dahi.

Sedangkan pada perempuan, umumnya kebotakan akan terjadi di daerah puncak rambut hingga ke bagian samping. Bagian dahi tetap tebal atau hanya menipis.

Gejala lainnya akibat kekurangan zat besiAnemia defisiensi zat besi memiliki beberapa gejala lain selain rambut rontok. Beberapa di antaranya, meliputi:

  • Kuku yang rapuh
  • Kelelahan ekstrem atau kurang energi
  • Jantung berdebar-debar
  • Kulit pucat
  • Sesak napas
  • Sakit pada lidah

Dalam kasus anda, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter penyakit dalam terkait anemia yang anda miliki untuk diatasi. Kemudian barengi terapi rambut rontok anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel terkait yang dapat anda baca.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar