Sukses

Mengatasi Keputihan Berbau Menyengat

14 Apr 2020, 13:12 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok...ibu saya terkena kanker rahim stadium 2...keadaan skrg dr vagina sering keluar cairan berbau menyengat... bagaimana cara mengobati agar cairan tidak keluar atau apa obatnya biar mengurangi bau tersebut.terimakasih sebelumnya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang ibu Anda rasakan. 

Keputihan adalah hal yang wajar dialami setiap wanita. Ada 2 macam keputihan, fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis artinya keputihan normal yang terjadi karena faktor hormon, misalnya saat menjelang menstruasi, ovulasi dan hamil. Sedangkan keputihan yang patologis adalah yang tidak normal biasanya disebabkan karena infeksi jamur, bakteri, dll.

Normalnya keputihan wanita itu tidak berwarna/bening, konsistensinya cair/seperti lendir, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal pada organ kewanitaan. Sedangkan yang tidak normal biasanya berwarna kehijauan/abu, berbusa, menggumpal, berbau dan sering menimbulkan gatal. 

Keputihan abnormal yang dialami ibu Anda adalah keputihan yang disebabkan oleh kanker rahimnya. Jadi untuk mengatasinya, pengobatan kanker harus benar-benar tuntas. Disamping itu juga sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter yang merawat ibu Anda agar bisa diberikan pengobatan untuk membantu mengurangi keluhan tersebut. 

Untuk penanganan di rumah, pastikan tidak menggunakan pakaian yang ketat, jangan menggunakan cairan pembersih vagina, jangan menggunakan pantyliner, jangan membiarkan celana dalam lembab dan rajin diganti apabila lembab. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Ibu Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar