Sukses

Nyeri Perut Hebat Saat Haid

08 Apr 2020, 09:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, kemarin hari pertama saya menstruasi. Beberapa jam setelah menstruasi badan saya mendadak lemas, keringat dingin, perut sangat melilit, rasanya hampir pingsan. sehingga saya hanya bisa berbaring dan meminta tolomg untuk dibuatkan kompres air hangat. Setelah beberapa jam dikompres sakit reda. Apalah nyeri haid sampai hampir pingsan normal dok? Saya memiliki riwayat darah rendah, namun tdk tahu tensi saya kmrin berapa. Atau bisa jd indikasi penyakit ovarium dok? Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Nyeri saat haid ( dismenore) adalah keluhan yang wajar dirasakan setiap wanita. Nyeri ini pun berbeda-beda dirasakan, bisa nyeri ringan, sedang, berat dan bisa juga tidak merasakan nyeri sama sekali. Hal ini diakibatkan karena adanya kontraksi dinding uterus yang biasanya di dominasi di area perut bagian bawah yang menjalar hingga ke pinggang, punggung bagian belakang, sampai ke area paha.

Jika Anda merasakan nyeri perut hebat saat haid, kemungkinan ada gangguan pada sistem reproduksi, seperti endometriosis, adenomiosis, atau tumor. Gangguan yang seringdialami wanita muda adalah endometriosis. 

Endometriosis adalah gangguan akibat jaringan lapisan dalam rahim (endometrium) ditemukan pada bagian tubuh lain. Jaringan tersebut juga bereaksi seperti endometrium saat haid sehingga menyebabkan nyeri hebat.

Untuk mengetahui pasti apa penyebab nyeri perut hebat saat haid yang Anda rasakan, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan agar dapat dievaluasi menggunakan pemeriksaan seperti USG.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar