Sukses

Pengobatan Pada Hipertensi?

07 Apr 2020, 21:35 WIB
Pria, 49 tahun.

Dok,mau tanya.. saya kn ada darah tinggi sudah lama pakai obat amlodiphine 5ml tapi tensi nya sekitar 140-150.. itu apa perlu dinaikkan dosis obat nya? makasih.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bpk/Ibu,   

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit "silent killer" yang banyak diderita orang. Meningkatnya tekanan darah dapat menimbulkan faktor risiko berupa penyakit jantung dan stroke. Peningkatan tersebut sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Namun ada beberapa faktor yang dinilai dapat menyebabkannya, seperti genetik, gaya hidup, obesitas dll. 

Apabila terdiagnosis hipertensi, biasanya terapi yang paling utama adalah dengan mengubah gaya hidup. Apabila ini tidak berhasil, maka akan mulai diberikan obat darah tinggi yang harus rutin dikonsumsi setiap hari dan tetap melakukan perubahan gaya hidup sehat. Jika obat hipertensi yang telah lama dikonsumsi tidak lagi dapat mengontrol tekanan darah, maka harus dievaluasi terlebih dahulu sebelum menaikkan dosis obat. Apakah gaya hidup sehat sudah dilakukan dengan benar? Apakah sudah menghindari makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah? 

Saya anjurkan  untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani hipertensi Anda terlebih dahulu untuk dilakukan evaluasi. Karena selain menaikkan dosis juga bisa mengkombinasikan pengobatan hipertensi. 

 Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar