Sukses

Urat Merah Keunguan di Paha dan Betis

07 Apr 2020, 19:43 WIB
Wanita, 26 tahun.

hallo dokter selamat malam , saya mau bertanya , saya saat ini mulai risih dengan kemunculannya urat berwarna keungu²an di bagian samping paha dan betis ,apakah itu sangat bahaya atau tidak untuk saya dok ? kenapa gejala tersebut bisa muncul ? dan apakah bisa hilang ? terimakasih dokter atas waktunya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,  

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Gambaran seperti urat merah di betis Anda sebenarnya adalah pembuluh darah. Hal tersebut terjadi karena adanya pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah vena atau yang biasa disebut varises. Varises ini ditandai dengan adanya bentuk berkelok seperti cacing yang berwarna merah atau keunguan. Penyakit ini bisa terjadi dimana saja pada tubuh, namun lebih sering pada kaki. 

Karena tidak bergejala, banyak orang yang menganggap sepele hal ini. Padahal jika dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi yang beragam dan cukup berbahaya. Untuk mengatasinya dirumah Anda dapat menggunakan stoking khusus untuk mengatasi varises. Selain itu Anda juga bisa mengistirahatkan kaki dengan memberi penyangga pada bawah kaki saat sedang istirahat dan juga hindari berdiri yang terlalu lama. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar