Sukses

Alergi Tak Kunjung Sembuh

07 Apr 2020, 03:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok kenapa alergi saya ga hilang-hilang ya padahal udah saya pantang semua yg memicu alergi. Sudah ada 2minggu lebih bentol-bentol saya ga hilang itu knpa ya ? Sudah diberikan obat dari puskesmas tapi tetap saja

Halo, kami mengerti kekhawatiran Anda. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Tidak demikian halnya dengan orang yang tidak memiliki alergi, alergen tersebut tidak memiliki pengaruh yang bermakna. 

Penyebab alergi

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Bila ada benda yang membahayakan atau yang disebut ‘antigen’ masuk, maka sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan cara mendatangi antigen tersebut dan menghasilkan antibodi yang terdiri dari imunoglobulin (IgG, IgA, IgM, IgD, IgE). Antibodi ini akan datang ke tempat masuk antigen dan menghancurkannya. Antibodi ini bersifat protektif dan membantu menghancurkan antigen dengan menempel di permukaannya sehingga lebih mudah untuk dihancurkan. Imunoglobulin terdiri dari 5 tipe IgG, IgA, IgM, IgD dan IgE. Imunoglobulin yang dapat menimbulkan reaksi alergi adalah IgE. Pada orang alergi produksi IgE dapat sangat berlebihan 

Bila memang alergi pada Anda tercetus karena hal tertentu, maka pencetus inilah yang harus dihindari. Karena berkeringat misalnya. Saat Anda berkeringat, segeralah membersihkan tubuh dan mengganti baju dengan baju yang kering dan bersih.

Sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam, bahkan ahli imunologi jika memungkinkan. Agar dicari tahu dengan pasti kondisi apa yang mencetuskan alergi Anda dan Anda mendapatkan terapi yang terbaik secepatnya. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya ya. Anda dapat juga berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Klikdokter kapanpun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui Play Store/ Android. Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar