Sukses

Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

06 Apr 2020, 21:22 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok sy sedang hamil 9 bulan dan sedang menunggu persalinan, sy mengalami sakit gigi dan gusi bengkak, bahkan kepala sy juga sampe terasa sakit sekali. Sekarang telinga dan tenggorokan jg mulai terpengaruh, sy juga tdk bisa membuka mulut lebar karena sakit. Rasa sakitnya terasa amat sangat di malam hari bahkan sudah 3 malam sy tdk bisa tidur karena sakit. Tp di pagi hari rasa sakit nya berkurang. Saya sdh coba kumur dg air garam, kompres dg air hangat dan kompres dg kantung teh tp masih tdk berkurang. Apa yg harus saya lakukan dok? Apa boleh sy mnm obat? Jika boleh obat apa yg harus sy mnm. Sy agak menghindari datang ke fasilitas kesehatan karena agak rawan dlm kondisi rentan corona. Terima kasih

Halo Ibu,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan,

Sebelumnya apakah terdapat gigi yang berlubang? atau apakah terdapat gigi bungsu yang sedang tumbuh, karena biasanya gigi bungsu yang sedang tumbuh salah satunya akan mengalami pembengkakan pada gusi atau kesulitan saat membuka mulut. Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat secara sembarangan, karena segala sesuatu yang dikonsumsi wanita selama kehamilan bisa berdampak langsung pada janin yang ada di dalam kandungannya.

Jika rasa sakit sudah tidak tertahankan, obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol dapat saja digunakan, namun harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Dokter akan menentukan boleh tidaknya Anda mengonsumsi obat tersebut berdasarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Sakit gigi pada saat hamil memang cukup mengganggu.

Baca juga :

Benarkah Ibu Hamil Lebih Rentan Sakit Gigi?

- Kiat Meredakan Nyeri Sakit Gigi Saat Hamil

- Bolehkah Minum Obat Sakit Gigi Saat Hamil?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter.

Semoga lekas membaik.

 

0 Komentar

Belum ada komentar