Sukses

Gigi Bungsu Tumbuh

06 Apr 2020, 10:13 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau bertanya, jadi gigi belakang mau tumbuh dan gusinya udah mbelah, lalu saya demam dan badan sakit.. Disertai diare, ngga enak makan karena untuk mengunyah susah dan perut rasanya ngga enak.. Apakah itu ada hubungannya dengan tumbuh gigi? Bagaimana ya dok? Tolong kasih saran. Terimakasih

Halo saudari,

Saya mengerti keluhan yang Anda rasakan.

Gigi geraham belakang atau yang dikenal dengan istilah gigi bungsu memang akan mulai tumbuh antar 17 hingga 25 tahun. Biasanya gigi tersebut tumbuh dengan posisi miring menabrak gigi sebelahnya atau tidak seperti gigi lainnya karena kurangya tempat untuk tumbuh. Rasa sakit yang muncul dapat bervariasi dari tingkat ringan hingga berat. Namun, sebagian besar kondisi ini menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, sakit kepala, pusing, demam atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dan juga foto rontgent sebagai pemeriksaan penunjang dan memastikan posisi gigi Anda. Baru setelahnya dapat dilakukan pengangkatan agar rasa sakit tidak muncul kembali.

Sebagai penanganan awal Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dapat dibeli apotik. Namun, jika rasa sakit sudah hilang segera lakukan pemeriksaan dengan dokter agar rasa sakit tersebut tidak muncul kembali.

Baca juga:

Impaksi Molar Tiga

Gigi Bungsu

5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter.

Semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar