Sukses

Perbedaan ODP dan PDP

01 Apr 2020, 12:56 WIB
Pria, 19 tahun.

Mau tau tentang ODP dan PDP

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

 ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) adalah istilah yang ditujukan kepada orang yang mempunyai riwayat terpapar dengan pasien terkonfirmasi positif covid19 atau riwayat bepergian ke daerah atau negara yang melaporkan transmisi lokal (penularan dari daerah tersebut) 14 hari sebelum muncul gejala seperti dibawah ini:

PDP: orang dengan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) yaitu demam diatas 38 derajat celsius atau riwayat demam, disertai salah satu gejala pernapasan seperti batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan atau berat.

ODP: orang yang mengalami demam diatas 38 derajat celsius atau riwayat demam, ATAU gejala pernapasan seperti pilek/batuk/sakit tenggorokan tanpa ada kecurigaan penyebab lain seperti flu biasa, radang tenggorokan, dsb.

Jadi bisa disimpulkan bahwa status PDP mempunyai tingkat lebih tinggi dari ODP namun keduanya tetap harus melakukan isolasi diri selama 14 hari sambil menunggu adanya hasil pemeriksaan swab jika memang diperlukan.

Lebih lanjut mengenai hal ini, anda bisa baca:

Coronavirus

Gejala Psikosomatik Corona

Cegah Stigma, Virus Corona Bukan Aib!

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun.

0 Komentar

Belum ada komentar