Sukses

Keputihan Berwarna Coklat Tua

01 Apr 2020, 13:13 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya, kenapa keputihan tapi warna coklat tua ya dok? Ini keputihan atau apa?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Keputihan adalah hal yang wajar dialami setiap wanita. Ada 2 macam keputihan, fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis artinya keputihan normal yang terjadi karena faktor hormon, misalnya saat menjelang menstruasi, ovulasi dan hamil. Sedangkan keputihan yang patologis adalah yang tidak normal biasanya disebabkan karena infeksi jamur, bakteri, dll.

Normalnya keputihan wanita itu tidak berwarna/bening, konsistensinya cair/seperti lendir, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal pada organ kewanitaan. Sedangkan yang tidak normal biasanya berwarna kehijauan/abu, berbusa, menggumpal, berbau dan sering menimbulkan gatal. 

Apakah keputihan berwarna coklat yang Anda alami terjadi di saat menjelang atau setelah menstruasi? Jika ya, hal tersebut adalah hal yang normal. Tapi apabila jawabannya tidak dan disertai dengan adanya bau tak sedap, volume berlebih, gatal dan keluhan lain maka mungkin saja ada gangguan kesehatan. 

Jika ada keluhan lain yang Anda rasakan bersamaan dengan keputiihan coklat tersebut, silahkan berkonsultasi langsung dengan dokter kulit dan kelamin agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar