Sukses

Kemampuan Bicara Anak

31 Mar 2020, 20:10 WIB
Wanita, 29 tahun.

Salam pagi dok Dok balita saya laki2 usia 1,5 tahun... sehat,aktif,dan perkembangan BB, tinggi, motorik bagus dia paham apa yg kita maksud di suruh bisa dan kebiasaan apa yg harus dia kerjakan dia paham contoh keluar harus pakai sandal, duduk pakai kursi dia sndiri dn kalau bilang monyet nya nangis ambil boneka di puk puk 😀😀😀. dgn bilang hay kalau ad saudara yg d kenal,ad lagi tik tok dia tik tok an kalau lapar bilang mam.. tapi banyak yg bilang knp blm bisa blng mama ayah dn kata2 yg lain yg mau saya tanyakan apakah ank saya normal dgn usia segitu dia blm banyak bicara... Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Perlu Anda ketahui bahwa proses tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda. Salah satu yang sering dikhawatirkan orang tua adalah gangguan bicara. Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik.

Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut harus lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak mulai belajar bicara adalah: bermain bersama sesering mungkin

- berkomunikasi dengan cara yang anak bisa lakukan ,beri respon terhadap suara yang anak keluarkan

- apabila ada kata-kata muncul maka ajarkanlah anak artikulasi yang jelas, tunjukkan apa yang harus dia ucapkan. Contoh : ketika dia menunjuk bola maka ucapkanlah padanya “Ini BOLA, BOOO-LAAA”

- jangan ikut bicara dengan bahasa anak. Contoh : tetap ucapkan kata ‘susu’ dibanding dengan ‘cucu’

Untuk mengetahui apakah benar anak Anda mengalami gangguan bicara, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter anak agar dapat dievaluasi secara pasti. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar