Sukses

Keluar cairan dari luka

31 Mar 2020, 10:58 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok saya mempunyai bekas luka, tpi kenapa sering ngeluarin cairan encer gtu yaa Itu pnyebabnya apa dok? Dan cara mngatasinya bagaimana? Terima kasih

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sudah berapa lama lukanya? Jika luka belum lama dan cairan yang keluar dari luka berwarna bening, kemungkinan cairan tersebut merupakan cairan serum yang keluar pada luka yang menyembuh. Selama tidak berbau, bernanah, darah tidak semakin bertambah dan menimbulkan nyeri, ini tidak masalah.

Yang penting jaga kebersihan luka, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang.

Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Namun demikian, jika cairan yang keluar berwarna kekuningan atau berbau, hal tersebut menandakan ada infeksi bakteri pada luka. Anda perlu berobat ke dokter terdekat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya ya. Anda dapat juga berkonsultasi dengan dokter melalui Aplikasi Klikdokter kapanpun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui Play Store/ Android. Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar