Sukses

Perbedaan Sariawan Gejala HIV Dan Sariawan Biasa

30 Mar 2020, 13:38 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat sore dok, saya mau nanya dok. Saya pernah baca artikel artikel tentang HIV dan salah satu gejalanya adalah sariawan. Apa benar dok itu salah satu gejalanya dan bedanya dengan sariawan biasa apa ya dok? Saya cukup khawatir soalnya, terima kasih banyak

Terimakasih telah bertanya tentang perbedaan sariawan gejala HIV dan sariawan biasa melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit tentang HIV. Infeksi HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan.

Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI) dengan cara tidak melakukan hubungan seksual pranikah, tidak menggunakan narkoba jarum suntik, dan hindari kontak langsung cairan tubuh dengan penderita HIV. 

Gejala Awal dari infeksi HIV-AIDS adalah:

- Nyeri kepala

- Diare

- Mual dan Muntah

- Lelah

- Nyeri otot

- Nyeri menelan

- Lesi merah pada tubuh yang biasanya tidak gatal dan biasanya muncul di bagian dada

- Demam

Bila seseorang merasa telah terinfeksi oleh HIV kini sudah ada obat yang dapat mencegah perkembangan virus. Dimana obat ini dapat dikonsumsi beberapa jam hingga hari setelah terinfeksi. 

Pada HIV bisa terdapat gejala seperti sariawan tapi berbeda dengan sariawan biasa. Sariawan HIV biasanya sariawan tunggal yang dalam dan sukar sembuhnya. Jika sariawan biasa bisa sembuh dalam 1-2 minggu. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Mendeteksi Tanda dan Gejala HIV dari Mulut

- Inilah Gejala HIV yang Mirip Penyakit Umum

- Cara Mengontrol Gejala HIV agar Tak Jadi AIDS 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perbedaan sariawan gejala HIV dan sariawan biasa, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar