Sukses

Memukul payudara, apakah membuatnya mengecil?

30 Mar 2020, 22:30 WIB
Wanita, 19 tahun.

Salam dokter.. Semoga anda sehat selalu hingga bisa selalu sharing ilmu. Mohon izin bertanya, di usia saya yg msih muda payudara saya kendor tpi ukurannya tapi ukurannya tetap besar. Kendor ini disebabkan waktu umur 14 tahun saya malu memiliki payudara berukuran 38. Maka saya memukulnya. Sakit sekali memang. Tapi saya berhasil setidaknya mengurangi besarnya sedikit. Tpi setelahnya malah lebih sakit dok... Terkadang saya juga merasa sesak nafas kalau sedikit capek. Badan juga mudah lesu dan lelah. Lambat laun setelah agak dewasa saya mengerti kalau saya salah dan harus memperbaikinya. Saya takut terkena kanker. Payudara saya memang kendor dan sampai sekarang hanya berkembang sedikit. Saya ingin kembali bugar dok, bagaimana caranya agar payudara saya kembali normal? Terimakasih

Halo Saudari, Saya mengerti keluhan yang Saudari sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Saudari.

Memukul payudara tidak akan mengurangi volume maupun mengubah ukurannya. Apa yang anda lakukan di masa lalu tidak mengubahnya, bahkan hanya membuat jaringan payudara anda cedera.

Untuk keluhan yang anda rasakan setelah itu tidak berhubungan dengan kondisi payudara anda. Kanker payudara tidak diakibatkan oleh trauma. Bila anda memiliki keluarga langsung atau jauh yang pernah mengidap kanker lain maupun kanker payudara, anda dapat melakukan pemeriksaan gen untuk mengetahui risiko anda terkena kanker.

Bila anda meragukan ukuran payudara anda, boleh berkonsultasi ke dokter spesialis bedah untuk dinilai.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Saudari dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar